Kamis, 12 Februari 2009

Lanjutan Cara Menghimpun Dana

SUMBER LAIN

Investor
Jika usaha tak terlalu besar, anda bisa mencari investor atau rekanan bisnis. Bisa satu atau gabungan beberapa orang. Misalnya,anda butuh modal Rp. 40 juta, sementara anda hanya punya Rp. 20Juta. Anda bisa meminta bantuan dua teman atau saudara, A dan B untuk menjutupi kekurangan masing-masing sebesar Rp. 10 juta.
Dengan cara ini, anda tidak akan terlalu ribet dengan masalah uang dari banyak orang. Namun, sumber ini sangat mengandalkan reputasi. Jika anda sikenal ulet dan menepati janji, pasti tidak akan menemukan kesulitan mendapatkan pinjaman. Agarmereka tertarik meminjamkan uang, anda perlu menyisipkan keuntungan berupa bunga (meski tidak besar) saat pengembalian.

Jual Saham
Sebanarnya ini pengembangan cara di atas. Anda bisa menjual saham usaha dalam nilai kecil sehingga banyak orang bisa membelinya.misalnya,anda butuh Rp. 20 juta. Anda bisa menjual saham sebesar Rp. 1 juta sejumlah 10 buah pada teman-teman.
Hal ini akan lebih mudah dicapai karena teman-teman hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 1 juta sebagai pembelian saham (yang sudah anda tentukan bunganya.) Kendalanya, anda akan banyak berhubungan denga para pemegang saham. Namun jika anda menemukan sistemnya, ini akan mudah dilakukan.

0 komentar: